Sabtu, 07 Januari 2017

Soal dan Jawaban Arsitektur UAS



1.Apakah dasar hukum e bussiness ?

Jawab :
Dengan berkembangnya e-business dan transaksi online di interenet, maka mulai pada tahun 2009 pemerintah mengeluarkan undang-undang tentang perdagangan elektronik. Berikut beberapa undang-undang ITE yang pemerintah berikan antara lain adalah :
Bagian Kedua Penyelenggaraan Sistem Elektronik Pasal 15
(1)        Setiap Penyelenggara Sistem Elektronik harus menyelenggarakan Sistem
            Elektronik secara andal dan aman serta bertanggung jawab terhadap  beroperasinya Sistem            Elektronik sebagaimana mestinya.
(2)        Penyelenggara Sistem Elektronik bertanggung jawab terhadap         Penyelenggaraan Sistem             Elektroniknya.
(3)        Ketentuan sebagaimana dimaksud pada ayat (2) tidak berlaku dalam hal     dapat dibuktikan         terjadinya keadaan memaksa, kesalahan, dan atau          kelalaian pihak pengguna Sistem        Elektronik.
                                                                                    Pasal 16
(1)        Sepanjang tidak ditentukan lain oleh undang-undang tersendiri, setiap        Penyelenggara             Sistem Elektronik wajib mengoperasikan Sistem       Elektronik yang memenuhi persyaratan          minimum sebagai berikut:
a.         Dapat menampilkan kembali Informasi Elektronik dan atau Dokumen         Elektronik secara         utuh sesuai dengan masa retensi yang ditetapkan             dengan Peraturan Perundang undangan
b.         Dapat melindungi ketersediaan, keutuhan, keotentikan, kerahasiaan, dan
            keteraksesan Informasi Elektronik dalam Penyelenggaraan Sistem Elektronik tersebut.

2. Bagaimana implementasi teknologi mobile dalam e bussiness?

Jawab :
Electronic shopping mall menggunakan websites untuk menjajakan produk dan layanan. Para penjual produk dan layanan membuat sebuah storefront yang menyediakan katalog produk dan layanan (service) yang diberikannya. Calon pembeli dapat melihat-lihat produk dan layanan yang tersedia seperti halnya dalam kehidupan sehari-hari dengan melakukan window shopping. Bedanya, calon pembeli dapat melakukan belanja ini kapan saja dan darimana saja dia berada tanpa dibatasi oleh jam buka toko. Contoh penggunaan website untuk menjajakan produk dan layanannya antara lain:
                    Amazon http://www.amazon.com, Amazon merupakan toko buku virtual yang menjual buku melalui web sitenya. Kesuksesan Amazon yang luar biasa menyebabkan toko buku lain harus melakukan hal yang sama.
                    www.Tokobagus.com
            Webstite ini menyediakan penjualan online yang mudah dalam hal transaksi, barang-barang           yang dijual juga banyak kategorinya, yang           mereka jual bisa dari mereka sendiri, atau     mempertemukan penjual dan pembeli. Perusahaan ini dinilai sudah menggunakan e-business         karena untuk dapat membeli barang mereka perlu adanya transaksi secara online.


3.                  Bagaimana cara marketing e bussiness indonesia menghadapi MEA?

Jawab :
MEA adalah bentuk integrasi ekonomi ASEAN yaitu adanya sistem perdagangan bebas antara negara-negara ASEAN. Upaya bagaimana perusahaan dalam negeri dapat bersaing dalam segi pemasaran produk. Adapun strategi marketing yang cukup efektif dalam menghadapi perusahaan lain dalam MEA ialah pertama perusahaan tersebut harus melakukan peningkatan SDM agar para pekerja lebih cekatan dalam bekerja dan memberikan ide serta mempertimbangkan setiap langkah yang akan diambil, kedua menentukan pangsa pasar karena pangsa pasar menentukan untuk siapakah produk tersebut dipasarkan nanti, ketiga melakukan sosialisasi besar besaran agar masyarakat tahu keunggulan produk dalam perusahaan, sosialisasi tersebut meliputi adanya iklan tentang produk, promosi,dll, keempat perusahaan harus kreatif dalam menciptakan produk baru. Itulah beberapa strategi marketting yang dapat digunakan perusahaan dalam menghadapi MEA.

4.                  Bagaimana marketing e bussiness ditempat anda bekerja ?

Jawab :
yaitu dengan Strategi marketing berbasis segmentasi dalam menghadapi persaingan. penyelenggaraan kegiatan pemasaran (marketing), tidak terlepas dari peranan pemasaran sebagai fungsi pengorganisasian dan proses untuk penciptaan nilai. Di dalam aktivitas bisnis keinginan konsumen, tingkat pembelian, elastisitas harga dan promosi memiliki perbedaan dalam program pemasaran. Oleh karena itu, diperlukan upaya program pemasaran yang efektif, yaitu dengan melakukan segmentasi pasar. Segmentasi pasar merupakan pembagian kelompok pembeli yang memiliki perbedaan kebutuhan, karakteristik, ataupun perilaku yang berbeda di dalam suatu pasar tertentu. Segmentasi pasar bertambah penting dalam pengembangan strategi pemasaran, terutama akibat perkembangan pasar, perubaan kondisi social, perkembangan ekonomi, dan persaingan.
Begitu luasnya karakteristik yang terdapat di pasar, maka segmentasi pasar perlu dilakukan, berikut adalah manfaat dan tujuan secara lebih detail:
1)         Pasar lebih mudah dibedakan
2)         Pelayanan lebih baik
3)         Strategi pemasaran lebih terarah
4)         Menemukan peluang baru
5)         Strategi komunikasi lebih efektif
6)         Melihat kompetitor dengan segmen yang sama
7)         Evaluasi target dan rencana bisnis

5. Menurut anda bagaimana perbedaan marketing biasa dengan marketing dalam e bussiness ?

Jawab :
Marketing biasa apabila ingin memasarkan dan memperkenalkan produk kepada calon pelanggannya harus bertatap langsung dan membawa barang yang akan dijual.
Marketing e bussiness tidak perlu beratap muka dengan customernya cukup dengan menggunakan website, marketing sudah bisa memasarkan dan memperkenalkan produk ke customer tanpa ada batasan ruang dan waktu, sera mempermudah customer dalam melakukan transaksi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar