Senin, 24 Oktober 2016

Pertemuan 7. e-commerce


1. Pengertian E-Commerce
Pengertian E-Commerce atau definisi e-commerce adalah kegiatan komersial dengan penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.
Kegiatan e-commerce ini sebagai aplikasi dan penerapan dari e-bisnis (e-business) yang berkaitan dengan transaksi komersial, seperti: transfer dana secara elektronik, SCM (supply chain management), e-pemasaran (e-marketing), atau pemasaran online (online marketing), pemrosesan transaksi online (online transaction processing), pertukaran data elektronik (electronic data interchange /EDI), dll.

2 E-Business Vs E-Commerce
Perbedaan yang mendasar antara e-commerce dan e-business adalah bahwa tujuan e-commerce memang benar-benar money oriented (berorientasi pada perolehan uang), sedangkan e-business berorientasi pada kepentingan jangka panjang yang sifatnya abstrak seperti kepercayaan konsumen, pelayanan terhadap konsumen, peraturan kerja, relasi antar mitra bisnis, dan penanganan masalah sosial lainnya. Selain perbedaan seperti yang telah disebutkan, e-commerce dan e-business juga memiliki kesamaan tujuan utama yaitu memajukan perusahaan yang lebih besar dari sebelumnya. E-commerce dan e-business merupakan terobosan yang dapat mendongkrak penjualan melalui online marketing dan sebagai sarana mempromosikan produk melalui media Internet.

3. E-Commerce
B. Manfaat E-Commerce
Secara umum e-commerce merupakan aktivitas perdagangan melalui media internet. Manfaatnya dan keuntungannya banyak sekali yang dapat dihasilkan, antara lainnya :
1. Manfaat e-commerce bagi konsumen :
  • Electronic commerce memungkinkan pelanggan untuk berbelanja atau melakukan transaksi lain selama 24 jam sehari sepanjang tahun dari hamper setiap lokasi.
  • Electronic commerce memberikan lebih banyak pilihan kepada pelanggan mereka bisa memilih berbagai produk dari banyak vendor.
  • Electronic commerce menyediakan produk-produk dan jasa yang tidak mahal kepada pelanggan dengan cara mengunjungi banyak tempat dan melakukan perbandingan secara cepat.
  • Dalam beberapa kasus, khususnya pada produk-produk yang digitized, electronic commerce menjadikan pengiriman menjadi sangat cepat.
  • Pelanggan bisa menerima informasi relevan secar detail dalam hitungan detik, bukan lagi menjadi hari.
  • Electronic commerce memungkinkan partisipasi dalam pelelangan maya (virtual auction).
  • Electronic commerce memberi tempat bagi para pelanggan untuk berinteraksi dengan pelanggan lain di electronic community dan bertukar pikiran serta berbagai pengalaman.
  • Electronic commerce memudahkan persaingan yang pada akhirnya akan menghasilkan diskon secara substansial.
2. Manfaat e-commerce bagi masyarakat :
  • Electronic commerce memungkinkan orang untuk bekerja didalam rumah dan tidak banyak keluar untuk berbelanja, akibatnya ini akan menurunkan arus kepadatan lalu lintas di jalan serta mengurangi polusi udara.
  • Electronic commerce memungkinkan sejumlah barang dagangan dijual dengan harga lebih rendah,sehingga orang yang kurang mampu bisa membeli lebih banyak dan meningkatkan taraf hidup mereka.
  • Electronic commerce memungkinkan orang di Negara-negara dunia ketiga dan wilayah pedesaan untuk menikmati aneka produk dan jasa yang akan susah mereka dapatkan tanpa Electronic commerce. Ini juga termasuk peluang untuk belajar berprofesi serta mendapatkan gelar akademik.
  • Electronic commerce memfasilitsi layanan public, seperti perawatan kesehatan, pendidikan, dan pemerataan layanan sosial yang dilaksanakan pemerintah dengan biaya yang lebih rendah, dan atau dengan kualitas yang lebih baik. Layanan perawatan kesehatan, misalnya bisa menjangkau pasien daerah pedesaan.
3. Manfaat e-commerce bagi bisnis :
  • Perusahaan-perusahaan dapat menjangkau pelanggan diseluruh dunia. Oleh karena itu dengan memperluas bisnis mereka, sama saja dengan meningkatkan keuntungan.
  • E-commerce menawarkan pengurangan sejumlah biaya tambahan. Sebuah perusahaan yang elakukan bisnis diinternet akan mengurangi biaya tersebut tidak digunakan untuk gedung dan pelayanan pelanggan (customer service), jika dibandingkan dengan jenis bisnis tradisional.
Singkatnya dari semua yang telah dijelaskan dibagian atas tersebut manfaat dan keuntungan yang didapatkan dari E-COMMERCE adalah sebagai berikut :

  1. Bagi Konsumen : harga lebih murah, belanja cukup pada satu tempat.
  2. Bagi Pengelola bisnis : efisiensi, tampa kesalahan, tepat waktu.
  3. Bagi Manajemen : peningkatan pendapatan, loyalitas pelanggan.

Beberapa faktor yang mempengaruhi E-commerce
  1. menyediakan harga kompetitif
  2. menyediakan jasa pembelian yang tanggap
  3. menyediakan informasi barang dan jasa yang lengkap dan jelas
  4. menyeddiakan banyak bonus seperti kupon, penawaran istimewa dan diskon
  5. memberikan perhatian khusus seperti ususlan pembelian
  6. menyediakan rasa komunitas untuk berdiskusi, masukan dari pelanggan dll
  7. mempermudah kegiatan perdagangan
Beberapa aplikasi umum yang mendukung e-commerce
  • E-mail dan messaging
  • Content Management System
  • Dokumen, spreadsheet, database
  • Akunting dan sistem keuangan
  • Informasi pengiriman dan pemesanan
  • Pelaporan informasi dari klien dan enterprise
  • Sistem pembayaran domestik dan internasional
  • newsgroup
  • On-line Shopping
  • Conferencing
  • Online banking
Faktor Pendukung E-Cmmerce
  1. Cakupan yang luas
  2. Proses transaksi yang tepat
  3. E-Commerce dapat mendorong kreatifitas dari pihak penjual secara cepat dan tepat dan pendistribusian yang disampaikan berlangsung secara periodik
  4. E-Commerce dapat menciptakan efisiensi yang tinggi, murah serta informatif .
  5. E-Commerce dapat meningkatkan kepuasan pelanggan, dengan pelayanan yang cepat, mudah, aman dan akurat

Karakteristik E-Commerce
  • Terjadinya transaksi antar dua belah pihak
  • Adanya pertukaran barang, jasa dan informasi
  • Tersedianya Internet yang memadai
Masalah-masalah dalam E-commerce
  • Keaslian data
  • Keabsahan data
  • kerahasiaan data
  • Keberadaan barang
  • Pembuktian kecakapan para pihak
  • Yurisdiksi
Pilar-Pilar E-Commerce
  • Pilar Orang terdiri dari penjual, pembeli, perantara jasa dan manajemen
  • Pilar kebijakan publik meliputi pajak, hukum, dan isu privasi
  • Pilar Standar teknis Meliputi dokumen, keamanan dan protokol jaringan dan sistem pembayaran
  • Pilar organisasi Meliputi patner, asosiasi dan pelayanan pemerintah
INFRASTRUKTUR E-COMMERCE
  • Infrastruktur jasa bisnis : Keamanan kartu cerdas, pembayaran elektronik, dan direktori/katalog
  • Infrastruktur distribusi informasi dan pesan: EDI (electronic data interchange), email, hypertext transfer protocol.
  • Infrastruktur publikasi jaringan dan kandungan multimedia :HTML, Java, Flash, WWW, VRML, PHP, dan ASP
  • Infrastruktur Jaringan : Telekom, TV Kabel, Wireless, Internet (VAN, WAN, LAN, Intranet dan ekstranet)
E-mall
Sebelum mempelajari lebih lanjut tentang E mall, sebelumnya disini akan dejelaskan mengenai e Mall terlebih dahulu. Secara umum e_commerce dapat diklasifikasikan menjadi 2 jenis yaitu business to business (B2B) dengan business to customer (B2C). B2B adalah sistem komunikasi bisnis on line antar pelaku bisnis, sedangakan B2C merupakan mekanisme toko on Line (electronic shopping Mall) yaitu transaksi antara e_merchant dengan e_customer. Dalam business to business pada umumnya transaksi dilakukan oleh para crading partners yang sudah saling kenal dengan format data yang telah disepakati bersama. Sedangkan dalam business to customer sifatnya terbuka untuk public sehingga setiap individu dapat mengaksesnya melalui suatu web server. Jadi e mall merupakan bagian dari e-commerce yang berupa toko atau mall online / maya di dunia internet.
Tipe E-mall
  1. Mall umum/generalized
Market place yang menjual semua tipe produk contoh amazon.com,choicemall.com, shop4.com, spree.com, dan portal publik yang besar
  1. Mall spesial/specialized
mereka hanya menjual satu tipe atau beberapa tipe produk seperti buku, bunga, anggur, mobil, atau hewan. Contohnya: amazon.com, cattoys.com, flowers.com, beautyjungle.com, Uvine.com
  1. Regional vs Toko global
Beberapa toko, seperti e-grocers atau penjual furnitur, melayani customer yang berada pada lingkungannya saja
Komponen utama dalam Emall
  1. Customer
  2. penjual
  3. barang dan jasa (fiskal atau digital)
  4. Infrastruktur
  5. Front end
  6. Back end
  7. Perantara
  8. Partner bisnis
  9. Dan jasa pendukung




Tidak ada komentar:

Posting Komentar